• Rabu, 5 Oktober 2022

Mengenal Jenjang Gelar Kebangsawanan Kerajaan Inggris

- Rabu, 21 September 2022 | 10:34 WIB
Raja Charles III buang saudara-saudaranya dari pewaris tahta Kerajaan Inggris, yakni Putri Anne, Prince Andrew dan Prince Edward  (dok, Reuters/Carl Recine)
Raja Charles III buang saudara-saudaranya dari pewaris tahta Kerajaan Inggris, yakni Putri Anne, Prince Andrew dan Prince Edward (dok, Reuters/Carl Recine)

Terpantau.com - Banyak gelar kebangsawanan dapat ditemui dalam pelbagai berita terkait mendiang Ratu Elizabeth II, mantan pemimpin Kerajaan Inggris yang wafat pada 8 September silam. Misalnya Pangeran Charles yang semula Pangeran Wales menjadi Raja Charles III, dan Pangeran William yang semula Duke of Cambridge menjadi Pangeran Wales.

Nah, ternyata istilah gelar kebangsawanan di kerajaan Inggris itu sudah ada sejak lama, telah mengakar sejak Abad Kuno Akhir dan Abad Pertengahan.

Sebagai gambaran, di Eropa pada abad pertengahan dan sebelumnya, suatu kekaisaran atau kerajaan biasanya tidak memiliki pemerintahan terpusat (sentralisasi). Beberapa daerah dan wilayah dalam sebuah monarki besar (kekaisaran atau kerajaan) biasanya dikelola dan dipimpin oleh bangsawan yang memiliki kekuasaan otonomi, mirip dengan sistem republik federal yang memberikan kewenangan pada tiap pemimpin daerah untuk mengelola daerahnya sendiri tanpa campur tangan yang terlalu banyak dari pusat atau dapat kita sebut sebagai raja-raja kecil.

Para bangsawan atau raja-raja kecil ini tersebut memiliki peringkat yang berbeda-beda, yang juga berdampak pada besarnya jumlah kekuasaan yang mereka pegang. Peringkat dan gelar tersebut biasanya dianugerahkan oleh kaisar atau raja yang menjadi pemimpin para bangsawan tersebut, yang pada banyak kasus kemudian gelar tersebut dapat diwariskan kepada keturunan mereka.

Gelar kebangsawanan yang dibahas disini adalah tentang peerage yaitu sistem hukum yang secara historis tersusun dari beberapa gelar kebangsawanan (biasanya turun-temurun).

Sistem peerage Inggris Raya tersusun dari lima peringkat: dukemarquessearlviscount, dan baron.

Emperor (Kaisar)

Emperor atau kaisar atau maharaja (di kerajaan Hindu) merupakan tingkat gelar kebangsawanan dan  penguasa monarki tertinggi dalam tingkatan kebangsawanan Eropa. Emperor berasal dari bahasa Prancis kuno empereor, berasal dari bahasa Latin imperator yang awalnya bermakna “komandan” pada Republik Romawi.

Bentuk wanita dari gelar ini adalah empress dan dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni empress regnant yang merupakan seorang perempuan yang memerintah empire atas namanya sendiri, contohnya Ratu Victoria dulunya merupakan Empress atau empress consort yang merupakan istri dari emperor. Secara umum dapat dikatakan empress adalah maharani. Sedangkan khusus mengindikasikan empress consort, cukup menggunakan “permaisuri kaisar” atau “ permaisuri maharaja.”

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: Wikipedia, YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Batik Khas Ganjuran: Motif Empat Kiblat Lima Pancer

Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:05 WIB

5 Situs Jurnal yang Bermanfaat bagi Mahasiswa

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:45 WIB

Memaknai Kembali Kesaktian Pancasila

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 22:20 WIB

Mitologi Penjelmaan Dewa Wisnu: Kurma (Part 2)

Jumat, 30 September 2022 | 19:40 WIB

Merasa Stuck? Ini Dia 3 Alasannya

Jumat, 30 September 2022 | 18:45 WIB
X