• Selasa, 6 Desember 2022

Batik Khas Ganjuran: Motif Empat Kiblat Lima Pancer

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:05 WIB
Batik Khas Ganjuran: Motif Empat Kiblat Lima Pancer / Istimewa
Batik Khas Ganjuran: Motif Empat Kiblat Lima Pancer / Istimewa

Terpantau.com - Batik telah merambah ke setiap daerah. Tak luput di Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, dikembangkan juga batik yang khas Ganjuran.

Menurut Petrus Tumidi, salah satu tokoh di gereja Hati Kudus Tuhan Yesus, Batik Khas Ganjuran ini disebut Batik Kawung Ganjuran. Motifnya terdiri dari empat kiblat dan lima pancer. Hal ini mengadung arti empat arah menuju satu arah kepada Yang Maha Kuasa.

Batik Kawung Ganjuran juga bermakna pamomong atau penggembala. Dalam filosofi Jawa, Gembala merupakan simbol pengabdian. Dalam kesempatan berbeda Romo G. Utomo menjelaskan, bahwa empat arah menuju satu arah dapat diartikan Manunggaling Kawula Gusti dan Manunggaling Gusti dan Kawula atau bersatunya Hamba dan Tuan nya dan Tuan dengan hambaNYA.

Setiap minggu keempat pada bulan Juni diselenggarakan Kirab Agung Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus. Dalam kirab ini dipersembahkan bermacam hasil bumi yang seringkali dibentuk menjadi gunungan kemudian digotong bersama dalam prosesi persembahan dan juga menampilkan Batik Kawung Ganjuran.

Empat kiblat merujuk pada empat arah mata angin yaitu utara, timur, selatan dan barat sedangkan lima pancer adalah ruh yang ada dalam diri manusia yang mengendalikan kesadaran.

Untuk masing masing kiblat ada cara merawatnya yaitu: Selatan, simbol dari darah biasanya diberi sesajian sega abang atau nasi merah, Utara simbol dari pusar biasanya diberi sesajian nasi hitam, barat sebafai simbol ari-ari biasanya diberi sesajian nasi kuning dan timur sebagai simbol dari kawah diberi sesajian nasi putih.

 

Sedangkan lima pancer mempunyai arti sendiri:

  1. Air Ketuban

Diartikan sebagai Kakak Tertua yang bertugas melindungi kita sejak dalam kandungan. Menjaga badan atas kehendak Tuhan.

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: Wawancara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gramatika vs SEO, Para Konten Kreator Wajib Pahami!

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:47 WIB

5 Perayaan Natal Terunik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 16:30 WIB

Yuk Kenali Kepribadian Kamu Dari Mie Instan Favoritmu

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:10 WIB
X