• Minggu, 5 Februari 2023

Black Sapote, Buah Banyak Manfaat Serasa Makan Puding Coklat, Cek Faktanya

- Rabu, 30 November 2022 | 10:40 WIB
Black Sapote yang banyak manfaat. (SDS)
Black Sapote yang banyak manfaat. (SDS)

Terpantau.com – Mungkin nama pohon dan buah ini masih asing di pendengaran kita. Pohon dan buah yang dimaksud adalah Diospyros nigra atau black sapote yang merupakan spesies kesemek. Buahnya serasa pudding coklat.

Secara umum buah black sapote ini dikenal dengan buah puding coklat atau juga sabun hitam ini banyak manfaatnya. Sedangkan dalam Bahasa Spanyol disebut zapote prieto.

Pohon kesemek hitam atau black sapote termasuk pohon  buah tropis yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Kolombia dan sebagai anti oksidan adalah salah satu manfaat dari buah ini.

Sedangkan nama sapote sendiri mengacu kepada buah yang lembut dan dapat dimakan. Untuk diketahui bahwa black sapote tidak berhubungan dengan sapote putih atau sapote mamey.

Black sapote adalah pohon yang peka terhadap embun beku tetapi dapat mentolerir embun beku ringan.

Baca Juga: Meriahkan Hari Pohon Sedunia dengan 3 Pentigraf Keren, Simak Yuuk

Pohon black sapote dewasa bisa mencapai tinggi lebih dari 25 m (82 kaki) dan selalu hijau. Daunnya yang selalu hijau dan bercahaya merupakan salah satu daya tariknya. Berbentuk elips-lonjong, meruncing di kedua ujungnya, hijau tua, mengkilap dan mempunyai panjang 10–30 cm (3,9–11,8 inci).

Beberapa pohon black sapote hanya mempunyai bunga jantan sedangkan yang lain memiliki bunga jantan dan betina. Namun anehnya beberapa di antaranya tidak cocok dengan sendirinya.

Pohon black sapote berbuah sekitar 3–4 tahun dari benih dan pohon-pohon tersebut.

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X