• Rabu, 5 Oktober 2022

Dangdut Koplo Naik Daun, Sandiaga Uno Ajak Kurangi Nonton Drakor

- Rabu, 21 September 2022 | 19:25 WIB
Dangdut Koplo Naik Daun, Sandiaga Uno Ajak Kurangi Nonton Drakor (IG @sandiuno)
Dangdut Koplo Naik Daun, Sandiaga Uno Ajak Kurangi Nonton Drakor (IG @sandiuno)

Terpantau.com - Hal mengejutkan datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sandiaga Uno ternyata menggemari musik dangdut koplo. Hal itu terlihat dengan kehadirannya sebagai bintang tamu pada event Koplo Superstar ANTV. 

Sandiaga Uno mengajak masyarakat kembali menyukai musik yang identik dengan karakter Indonesia, termasuk koplo.

"(Musik koplo) Suka, dan jujur awalnya juga skeptis tapi begitu saya membiasakan lama- lama suka. Jadi kuncinya setiap kita streaming lagu-lagu koplo itu langsung neraca kita di ekonomi kreatif akan bertambah. Dan kalau nggak mendengarkan kita tidak akan belajar suka," tuturnya ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu (18/9/2022) seperti yang dilansir dari Viva.co.id.

Selanjutnya Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk mengurangi sedikit kegemaran nonton drakor, mendengar Kpop dan mulai menonton film Indonesia dan dengar lagu dangdut koplo contohnya.

Dengan mendengar lagu koplo, neraca kita secara ekonomi kreatif akan semakin baik kedepannya. Saat ini kita sudah di posisi 3 dalam dunia hiburan, dibawah Amerika dan Korea. Sandiaga Uno juga mengajak untuk mengawal momentum kebangkitan ini agar bisa mengambil alih posisi 2 di tahun depan.

Sementara itu pedangdut Inul Daratista mengaku begitu terpesona dan menikmati alunan dangdut koplo sejak awal kariernya. Walau begitu Inul tidak menampik jika dangdut koplo diidentikkan dengan pelacuran, sehingga sehingga menimbulkan pro dan kontra saat dibawakan dari panggung ke panggung.

Pedangdut asal Pasuruan itu membeberkan bahwa dirinyalah yang mempopulerkan dangdut koplo bahwa minatnya pada dangdut koplo sudah ada sejak dulu. Bahkan menurutnya, dirinya-lah yang mempopulerkan genre musik tersebut sehingga akhirnya kian diminati masyarakat luas. Hal itu diungkapkan juri Koplo Superstar ANTV itu. 

Menurut Inul, stigma buruk dangdut koplo itu karena tempat manggungnya yang dikonotasikan buruk, karena kebanyakan lagu-lagui itu ditampilkan di tempat arisan yang juga banyak yang mabuk-mabukan dan di tempat remang-remang.

Akhirnya koplo bisa naik daun ketika Inul membawanya ke cafe tempat ia bernyanyi. Koplo sendiri menurut Inul, Sang Ratu Ngebor,  adalah musik yang indah karena kan kolaborasi bas, kendang, semuanya bermain beriringan. Itu yang namanya koplo.

Kembali ke ajakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mari memperbesar gelombang dangdut koplo sehingga akan semakin besar peluang masyarakat menyukai musik khas Indonesia itu.
Dengan gerlombang besar ketertarikan pada dangdut koplo maka lebih banyak lagi dorongan ekonomi kreatif kita bagi kebangkitan ekonomi kita dan terbukanya lapangan kerja. (SDS)***

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: viva.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daebak! 'Born Pink' Bertengger No. 1 di Billboard 200

Selasa, 27 September 2022 | 21:05 WIB

Pecah, Konser 30 Tahun Dewa19 di Kuala Lumpur Malaysia

Senin, 19 September 2022 | 15:50 WIB

Lirik Lagu Shut Down - BLACKPINK, Sindir Haters?

Senin, 19 September 2022 | 15:15 WIB

5 Idol Kpop dengan Hits Solo Terpopuler Tahun 2022

Selasa, 13 September 2022 | 15:40 WIB

Musik Video WHISTLE BLACKPINK Raih 800 Juta Penonton

Selasa, 13 September 2022 | 14:00 WIB
X