• Jumat, 22 September 2023

Ini Kaitan Perubahan Iklim dan Gangguan Kesehatan Fisik dan Mental

- Senin, 5 September 2022 | 21:23 WIB
Perubahan iklim disebabkan aktivitas manusia. (pixabay)
Perubahan iklim disebabkan aktivitas manusia. (pixabay)

Terpantau.com - Perubahan iklim disebabkan oleh pengaruh alam atau aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan energi atau cuaca yang ada di bumi.

Komponen alam akan saling berinteraksi (atmosfer, air, udara, lapisan es dan salju) sehingga terjadi keseimbangan ekologi. 

Keseimbangan ekologi adalah kondisi di mana setiap komponen alam tersebut berfungsi normal dan berinteraksi satu sama lain.

Jika terganggu oleh aktivitas manusia maka akan menimbulkan kesenjangan alam yang menyebabkan perubahan iklim "ekstrem" seperti pemanasan global. 

Baca Juga: Yuk, Ketahui! Penanganan Pertama Mengobati Luka Secara Psikologis

Perubahan iklim ini bisa mejadi "ekstrem" dan telah berdampak bagi banyak aspek kehidupan manusia seperti lingkungan, ekonomi, sosial, kesehatan fisik dan kesehatan mental

Perubahan iklim "ekstrem" mencakup penipisan lapisan ozon, penghabisan lahan hutan, berkurangnya sumber air bersih, perubahan fungsi ekosistem, dan punahnya flora serta fauna. 

Fenomena efek langsung yang terjadi karena perubahan iklim sendiri contohnya gelombang panas, kekeringan, badai tropis, banjir, dan angin topan. 

Lalu, apa sih hubungan perubahan iklim dengan kesehatan

Kesehatan adalah keadaan yang baik tanpa penyakit baik fisik maupun mental. Kesehatan bisa dicapai dengan adanya keseimbangan ekologi antara manusia dan lingkungan. 

Interaksi antara manusia dan alam sangat berpengaruh dalam stabilitas iklim. Kesehatan manusia sendiri sangat dipengaruhi oleh lingkungan fisik seperti suhu, komposisi udara dan air, serta kelangsungan hewan dan tumbuhan.

Baca Juga: Duck Syndrome : Terlihat Tenang Meski Sebenarnya Tertekan

Dikutip Terpantau.com dari instagram @studiojiwa, perubahan iklim yang ekstrem ini kemudian menimbulkan berbagai macam penyakit fisik, diantaranya : 

  1. Demam berdarah 
  2. Dehidrasi 
  3. Panas ruam 
  4. Pingsan 
  5. Gangguan organ dalam lainnya 

Perubahan iklim dan pengaruhnya pada kesehatan mental

Halaman:

Editor: Suryo Dwiputranto

Sumber: Instagram @studiodjiwa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X