• Selasa, 6 Desember 2022

Kapan Sih Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Matic?

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:05 WIB
Ilustrasi Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli  Matic / Pikiran Rakyat
Ilustrasi Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Matic / Pikiran Rakyat

Terpantau.com - Dengan semakin padatnya kendaraan di Ibukota, semakin banyak orang yang memilih untuk berkendara dengan Kendaraan matic. 

Karena mengemudi kendaraan matic sangat praktis, pengemudi cukup manarik tuas ke posisi D (Driver) selanjutnya cukup menggunakan kaki kanan untuk mengendalikan gas dan rem. Sehingga pengemudi lebih berkonsentrasi dalam mengemudi dan juga mengurangi kelelahan pengemudi. 

Namun, dalam melakukan perawatan kendaraan matic kalian harus memperhatikan kondisi transmisi matic.  Mengganti oli transmisi matic sangatlah penting, karena bila kalian tidak memperhatikan hal ini akan menimbulkan masalah untuk kendaraan kalian.

Baca Juga: Atasi Burnout, Sindrom Kelelahan Beraktivitas dengan Cara Ini

Menurut Kepala Bengkel Auto 2000 Cikarang Indah Yuliana, pada dasarnya transmisi matic sama dengan transmisi manual yang memiliki pelumas, oleh karena itu masalah jadwal pergantian oli matic perlu untuk diperhatikan.

“Namanya pelumas pasti perlu pergantian, sama halnya seperti oli mesin. Untuk transmisi matic, periode berkala pergantian wajib dilakukan tiap 40.000 km, atau paling lambat 50.000 km. Sementara kalau manual di kisaran 80.000 km,” papar Indah.

Rotasi pergantian oli transmisi juga tergantung dari intensitas dan kebiasaan menggunakan kendaraan. Bila situasi dijalan padat maka potensi kerja transmisi jadi lebih berat.

Yuk lakukan service berkala untuk agar kendaraan kalian lebih nyaman dan tentunya juga aman saat berkendara. (DRJ)***

 

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: Auto 2000

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Baca Kode Angka Pada Ban Motor dan Apa Artinya

Selasa, 29 November 2022 | 20:05 WIB

Pakai Kendaraan Listrik Lebih Irit, Ini Buktinya…

Rabu, 23 November 2022 | 10:46 WIB
X