• Minggu, 5 Februari 2023

Pakai Kendaraan Listrik Lebih Irit, Ini Buktinya…

- Rabu, 23 November 2022 | 10:46 WIB
Salah satu kendaraan listrik yakni mobil listrik Hyundai Genesis G80. Penggunaan kendaraan listrik diklaim lebih irit dan ekonomis (hyundai)
Salah satu kendaraan listrik yakni mobil listrik Hyundai Genesis G80. Penggunaan kendaraan listrik diklaim lebih irit dan ekonomis (hyundai)

Terpantau.com Pemerintah tengah gencar melakukan sosialisasi penggunaan kendaraan listrik di berbagai wilayah. Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik diklaim lebih irit dan ekonomis dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak.

Berdasarkan hitungan yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat, satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik. Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp 1.700. Artinya, penggunaan kendaran listrik jauh lebih irit kalau dibandingkan dengan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp 10 ribu hingga Rp 21 ribu. 

Sebagai informasi setiap 1 kilowatt hour (kWh) bisa menjalankan mobil listrik sejauh 5-7 kilometer. Adapun kapasitas penuh mobil listrik rata-rata sebesar 45 kWh. Dengan kapasitas penuh, kendaraan listrik bisa melaju hingga 300 kilometer.

Baca Juga: Spesifikasi Hyundai Genesis G80 Untuk KTT G20 Bali, Mobil LIstrik Canggih dan Keamanan Tingkat Tinggi

Saat ini, sudah banyak kendaraan listrik yang bentuknya keren, energi bersih ramah lingkungan, dan lebih irit dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM). 

“Secara keseharian, bisa lebih irit 75% dalam sehari dibandingkan dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp 100 ribu sehari, ini Rp 25 ribu saja sudah cukup,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Electric Vehicle Funday dilansir kemenhub.go.id.

Baca Juga: Harga Bahan Baku Baterai Meningkat, Kendaraan Listrik Diperkirakan Mahal

Selain lebih hemat energi dan biaya, keuntungan lainnya yang didapat dari penggunaan kendaran listrik yakni lebih terjamin. Pasalnya, pemerintah akan terus mendorong semakin banyaknya fasilitas pengisian daya. 

Tak hanya itu, pemerintah berniat untuk memberikan berbagai insentif, seperti keringanan pajak, bebas ganjil genap, diskon daya listrik rumahan, serta bebas parkir.

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Bakal Kucurkan Insentif Pembelian Bus Listrik

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:07 WIB
X