• Rabu, 5 Oktober 2022

Hari Badak Sedunia: Ajakan Melindungi Satwa yang Tersisa Hanya Lima Spesies Sedunia

- Kamis, 22 September 2022 | 10:26 WIB
Badak Sumatera. (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
Badak Sumatera. (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Terpantau.com - Hari Badak Sedunia diperingati tiap tanggal 22 September untuk meningkatkan kepedulian akan konservasi badak. Terlebih lagi, kini tersisa hanya lima spesies badak di seluruh dunia. Dua di antaranya adalah badak Jawa dan badak Sumatera.

Hari Badak Sedunia pertama kali dideklarasikan organisasi nirlaba World Wide Fund for Nature (WWF) pada 2010. Deklarasi merupakan bentuk keprihatinan para aktivis lingkungan hidup terhadap penurunan populasi badak sedunia.

Perburuan badak menjadi salah satu penyebab turunnya populasi badak yang sekarang ini tercatat tinggal 30.000-an dari yang dulunya ratusan ribu.

Di banyak lukisan yang dapat ditemui, perburuan badak merupakan hal yang lumrah zaman dulu untuk diambil kulit dan culanya. 

Tercatat cula badak Jawa harganya bisa tiga sampai lima kali harga cula badak Afrika.

Selain karena perburuan, penurunan populasi badak juga dikarenakan hilangnya habitat badak.

Pada tahun 2022 ini tercatat di Taman Konservasi Ujung Kulon, badak Jawa atau badak yang bercula kecil tinggal 76 ekor. Badak Jawa ini mempunyai tiga sub spesies, dan salah satu subs pesiesnya telah punah pada tahun 1900-an. Ketiga subspesies itu adalah:

Rhinoceros sondaicus sondaicus, tipe subspesies yang diketahui sebagai badak Jawa Indonesia yang pernah hidup di Pulau Jawa dan Sumatra. Kini populasinya hanya sekitar 76 ekor di Taman Nasional Ujung Kulon.

Rhinoceros sondaicus annamiticus, diketahui sebagai badak Jawa Vietnam atau badak Vietnam, yang pernah hidup di sepanjang Vietnam, Kamboja, laos, Thailand dan Malaysia. Annamiticus berasal dari deretan pegunungan Annam di Asia Tenggara, bagian dari tempat hidup spesies ini. Kini populasinya diperkirakan lebih sedikit dari 12, hidup di hutan daratan rendah di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam. 

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Tags

Terkini

Viral Video Sel Tahanan Mewah Ferdy Sambo, Polri: Hoax!

Kamis, 29 September 2022 | 14:35 WIB

Cek Penerima BLT BBM 2022 Rp600.000 Dengan 2 Cara Ini

Rabu, 28 September 2022 | 15:44 WIB

Gadai Ijazah Sarjana Untuk Jaminan Modal, Ini KataJokowi

Selasa, 27 September 2022 | 16:10 WIB
X