• Rabu, 5 Oktober 2022

Siap-Siap Nih! Perusahaan Internet Milik PLN IPO

- Kamis, 22 September 2022 | 13:05 WIB
Holding PLN dengan 4 Sub-Holding Baru Diumumkan Menteri BUMN, Jadi Perusahaan Energi Berbasis Teknologi.
Holding PLN dengan 4 Sub-Holding Baru Diumumkan Menteri BUMN, Jadi Perusahaan Energi Berbasis Teknologi.

Terpantau.com - PT PLN (Persero) sendiri saat ini memiliki empat Subholding yang akan membawa perusahaan dalam pengembangan unit bisnis. Keempat Subholding tersebut di antaranya adalah PLN Energi Primer Indonesia, PLN Nusantara Power (Genco 1), PLN Indonesia Power (Genco 2) serta PLN ICON Plus.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memberikan restu kepada Subholding non kelistrikan yakni PLN ICON Plus untuk melantai ke bursa saham, Initial Public Offering (IPO). Dengan seiring terbentuknya Holding dan Subholding PT PLN (Persero) yang baru saja diresmikan pada hari ini, Rabu (21/9/2022).

"Dimungkinkan (IPO), terutama yang Icon Plus dan beyond kWh," kata Erick dikutip terpantau.com di kantor pusat PLN, Rabu (21/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut Erick menjelaskan maksud dari pembentukan Subholding Icon Plus bertujuan untuk mengkonsolidasikan bisnis perusahaan setrum yang di luar kelistrikan. Salah satunya dengan memaksimalkan jaringan kabel yang sudah ada untuk dijadikan fiber optic.

"Apalagi kita lihat pertumbuhan dari ekonomi digital mencapai nantinya 2030 itu Rp 4.800 triliun," ungkapnya.

Baca Juga: RUU PDP Disahkan, Kominfo Awasi Tata Kelola Data Pribadi PSE

Menurut Erick, di Asia Tenggara saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan digital ekonomi yang cukup besar. Oleh karena itu, ia mendorong supaya PLN dapat masuk dalam ceruk pasar bisnis tersebut, salah satunya melalui subholdinh PLN ICON Plus.

"Pastinya ketika ekonomi digital tumbuh kita bicara yang namanya infrastruktur itu ya salah satunya ya fiber optic itu atau kabel yang dipunyai PLN yang bisa mengalirkan yang namanya wi-fi dan lain-lain. Potensi itu ada," imbuh Erick.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai pembentukan Subholding PLN nantinya masing-masing subholding akan memiliki peran yang strategis dalam mengelola aset negara. Ia pun berharap dengan adanya Holding Subholding tersebut akan mengkonsolidasikan seluruh aset-aset pembangkitan PLN yang tadinya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Suci Andrianti

Sumber: CNBC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Penerima BLT BBM 2022 Rp600.000 Dengan 2 Cara Ini

Rabu, 28 September 2022 | 15:44 WIB

Gadai Ijazah Sarjana Untuk Jaminan Modal, Ini KataJokowi

Selasa, 27 September 2022 | 16:10 WIB

Siap-Siap Nih! Perusahaan Internet Milik PLN IPO

Kamis, 22 September 2022 | 13:05 WIB

Badai Resesi Dunia Di Depan Mata, RI Harus Waspada!

Sabtu, 17 September 2022 | 16:00 WIB

Siap-siap, Gas LPG Perlahan Akan Digantikan Oleh DME

Jumat, 9 September 2022 | 09:35 WIB

Imbas Kenaikan Harga Solar, Tarif Bus Antarkota Naik

Rabu, 7 September 2022 | 12:35 WIB
X