• Selasa, 6 Desember 2022

Begini Simulasi Para Ilmuwan Apabila Terjadi Perang Nuklir Antara AS dan Rusia

- Sabtu, 24 September 2022 | 14:53 WIB
Iliustrasi perang nuklir. (pixabay/The Digital Artist)
Iliustrasi perang nuklir. (pixabay/The Digital Artist)

Terpantau.com - Sejumlah ilmuwan di Universitas Princeton, Amerika Serikat (AS), membuat video simulasi skenario perang nuklir terkait konflik Rusia dengan Ukraina yang berpotensi melibatkan militer AS.

Simulasi yang dilakukan ilmuwan ini menggunakan riset secara independen dengan mengukur kekuatan militer AS dan Rusia saat ini, rencana perang nuklir, dan target senjata nuklir.

Baca Juga: 10 Fakta APEC Thailand 2022

Dalam video berdurasi empat menit yang diunggah akun YouTube Alex Galser dengan judul Plan A, para ilmuwan membuat skenario, di mana Rusia berusaha melawan negara-negara anggota NATO yang dipimpin AS.

Dalam simulasi berbentuk video itu disebut Plan A atau Rencana A menunjukkan betapa dahsyatnya perang nuklir apabila terjadi yang melibatkan Rusia dan AS.

Video tersebut pada awalnya mensimulasikan perang yang hanya melibatkan antara negara-negara Eropa Barat dan Rusia, namun setelah semua kota besar dijatuhi bom nuklir, perang berkembang menjadi konflik antara AS dan Rusia.

Visual simulasi perang nuklir yang melibatkan militer AS dan Rusia. (tangkapan layar/YouYube Alex Gliser)

Simulasi itu mengasumsikan bahwa Rusia akan menargetkan kota-kota besar AS dan tidak ada peringatan ancaman bom di kota-kota besar tersebut.

Warga sipil akan mendapatkan peringatan jika ada senjata nuklir yang diluncurkan ke wilayah mereka, dan itu memberi mereka cukup waktu untuk mencari perlindungan.

Halaman:

Editor: Suryo Dwiputranto

Tags

Terkini

Kerajaan Inggris Rilis Foto Makam Ratu Elizabeth II

Selasa, 27 September 2022 | 08:35 WIB

10 Fakta APEC Thailand 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 10:55 WIB
X