• Selasa, 6 Desember 2022

Presiden Jokowi Pastikan Pasien Korban Gempa Cianjur di RSUD Sayang Cianjur Ditangani Dengan Baik

- Kamis, 24 November 2022 | 16:45 WIB

Terpantau.com Presiden Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (24/11/2022). Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa para pasien korban terdampak gempa Cianjur mendapat perawatan medis dan ditangani dengan baik.

“Yang pertama tadi pagi sudah saya sampaikan penyelamatan, evakuasi itu yang pertama. Kemudian saya tadi kesini untuk memastikan perawatan yang sakit itu betul-betul tertangani dengan baik,” kata Presiden Jokowi dilansir laman presidenri.go.id.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa dari 741 pasien yang dirawat di RSUD Sayang Cianjur, kini tinggal 24 pasien. Adapun sebagian pasien korban bencana alam itu telah dipulangkan, sebagian lainnya dirujuk ke kota-kota sekitar untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

 Baca Juga: Jumlah Pasien Korban Gempa Cianjur Membludak, Pelayanan Kesehatan RSUD Sayang Tetap Terkendali

“Sudah sebagian dipulangkan, sebagian juga dirujuk ke Bandung maupun ke Jakarta untuk yang kasus-kasus berat. Ke Sukabumi untuk yang kasus-kasus berat. Saya rasa saya melihat penanganan disini baik, yang berat dirujuk itu juga baik, kemudian yang sudah sembuh sudah diperbolehkan pulang,” ujar Jokowi.

Presiden tiba di RSUD Sayang Cianjur sekitar pukul 10.58 WIB dan langsung menuju tenda perawatan di halaman RSUD. Selain menyapa, Presiden juga menyerahkan langsung santunan bagi para pasien korban terdampak gempa Cianjur bermagnitudo 5,6.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur Berharap Bantuan Presiden Jokowi untuk Perbaiki Rumah Rusak

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyiarkan sebagian besar korban gempa Cianjur adalah anak-anak. Pasien anak tersebut umumnya mengalami cedera kepala ringan sampai sedang. 

Adapun pasien dewasa yang terdampak gempa bumi kebanyakan mengalami fraktur atau patah tulang. Pasien korban gempa Cianjur juga banyak yang mengalami luka ringan.

Editor: Kurniasih Budi

Sumber: Siaran Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Senin, 5 Desember 2022 | 10:45 WIB

Erupsi Semeru, Ribuan Orang Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 17:48 WIB
X