• Minggu, 5 Februari 2023

Erupsi Gunung Semeru, Kantor SAR Surabaya Menyiagakan 3 Tim Rescue

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:01 WIB
Badan SAR Surabaya mengerahkan 3 tim rescue untuk melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru ke daerah aman. (Instagram @sar_nasional)
Badan SAR Surabaya mengerahkan 3 tim rescue untuk melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru ke daerah aman. (Instagram @sar_nasional)

Terpantau.com Badan SAR Surabaya mengerahkan 3 tim rescue untuk melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru ke daerah aman. Proses evakuasi berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lumayan serta tim SAR gabungan yang telah ada di lokasi.

Sekitar pukul 12.30 WIB pada hari ini (12/4/2022), satu tim rescue dari Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember telah diberangkatkan menuju wilayah Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang.

Pengerahan personel dan peralatan dilakukan sebagai upaya kesiapsiagaan atas terjadinya bencana alam erupsi disertai awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

“Jadi Kantor SAR Surabaya mengerahkan 1 tim beranggotakan 10 orang terdiri dari rescuer dari Pos SAR Jember dan potensi SAR dari Siluman Rescue serta Biting Rescue dengan membawa personel truck serta kendaraan rescue car D-Max” kata Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo dilansir akun @sar_nasional.

Baca Juga: Erupsi Semeru, Ribuan Orang Mengungsi

2 tim dari Kantor SAR Surabaya juga akan diberangkatkan hari ini menuju lokasi untuk perbantuan personel dan alut. 

“Nanti 2 tim beranggotakan 15 rescuer dari Kantor SAR Surabaya juga akan diberangkatkan malam ini dan dikomandani langsung oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya” kata Hari Adi.

Dari hasil koordinasi dengan Pusdalops BPBD Lumajang, erupsi Semeru yang disertai Awan Panas Guguran (APG) masih berlangsung terus menerus, dengan kolom erupsi yang tinggi tidak teramati serta awan panas guguran dengan jarak 12 km dari puncak dan masih terus berlangsung.

Adapun saat ini status Gunung Semeru naik dari Tingkat III (Siaga) ke Tingkat IV (Awas). 

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi! F8 Makassar Masuk Kalender Top 10 KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Selamat! 3 Event Unggulan Aceh Masuk KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 15:20 WIB
X