• Minggu, 5 Februari 2023

Erupsi Gunung Semeru, Ini Rekomendasi Pusat Vulkanologi yang Wajib Ditaati Masyarakat 

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:49 WIB
Pusat Vulkanologi mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat demi mengantisipasi dampak erupsi Gunung Semeru. (magma.esdm.go.id)
Pusat Vulkanologi mengeluarkan rekomendasi untuk masyarakat demi mengantisipasi dampak erupsi Gunung Semeru. (magma.esdm.go.id)

 

Terpantau.com Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Api Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). Pusat Vulkanologi mengeluarkan rekomendasi yang wajib ditaati masyarakat demi mengantisipasi dampak erupsi Gunung Semeru.

Ribuan orang mengungsi akibat Erupsi Gunung Semeru terjadi hari ini (4/12/2022).

Hasil analisis pemantau secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari Level III (SIAGA) menjadi Level IV (AWAS).

Rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sebagai berikut:

1. Mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

2. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga 19 km.

3. Tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Baca Juga: Khofifah Imbau Masyarakat Lumajang Tetap Waspada Erupsi Gunung Semeru

Halaman:

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi! F8 Makassar Masuk Kalender Top 10 KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Selamat! 3 Event Unggulan Aceh Masuk KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 15:20 WIB
X