• Minggu, 5 Februari 2023

Indonesia Gelar Pertemuan Keempat Tingkat Menteri AIS Forum di Bali

- Senin, 5 Desember 2022 | 18:10 WIB
Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Keempat Tingkat Menteri Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum) di Nusa Dua, Bali (Instagram/luhut.pandjaitan)
Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Keempat Tingkat Menteri Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum) di Nusa Dua, Bali (Instagram/luhut.pandjaitan)

 

Terpantau.com Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Keempat Tingkat Menteri Forum Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States Forum-AIS Forum) di Nusa Dua, Bali, 5 dan 6 Desember 2022. 

AIS Forum sendiri adalah platform kerja sama konkret yang dibentuk untuk mewadahi 47 negara pulau dan kepulauan di seluruh dunia untuk bersama-sama mengatasi tantangan dan permasalahan yang dihadapi, khususnya pada sektor pembangunan kelautan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa adapun tujuan AIS Forum adalah untuk pemulihan pascapandemi berbasis ekonomi biru, pengembangan berkelanjutan dan kesehatan laut, serta terciptanya solidaritas antarnegara kepulauan. 

Baca Juga: Amazing! Intip 3 Pantai Surga Tersembunyi di Kepulauan Kei Maluku Tenggara

Apalagi setelah pandemi Covid-19, kini saatnya menyatukan seluruh negara pulau dan kepulauan bersatu dan bangkit bersama untuk pemulihan.

Dalam forum ini semua negara kepulauan memiliki wadah terbuka dan inovatif untuk berkolaborasi mengembangkan laut sehat yang berkelanjutan.

Indonesia, lanjut Menko Luhut, memandang penting Forum AIS sebagai forum untuk membangun kemitraan strategi dengan negara, organisasi, dan pelaku pembangunan lain, baik di tingkat regional maupun global secara aktif.

Baca Juga: Kunjungi Negara-Negara Kepulauan di Pasifik Selatan, China Perkuat Pengaruhnya

Untuk itu, Indonesia mengajak negara-negara anggota AIS Forum berkolaborasi dan gotong-royong memperkuat kerangka kerjasama kongkrit AIS Forum. 

Halaman:

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi! F8 Makassar Masuk Kalender Top 10 KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Selamat! 3 Event Unggulan Aceh Masuk KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 15:20 WIB
X