• Minggu, 5 Februari 2023

DPR Akan Mensahkan RUU KUHP dalam Rapat Paripurna Hari Ini

- Selasa, 6 Desember 2022 | 10:27 WIB
DPR RI akan mengambil keputusan atas RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) melalui rapat paripurna DPR pada Selasa (6/12/2022). (Youtube DPR RI)
DPR RI akan mengambil keputusan atas RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) melalui rapat paripurna DPR pada Selasa (6/12/2022). (Youtube DPR RI)

Terpantau.com DPR RI akan mengambil keputusan atas RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) melalui rapat paripurna DPR pada Selasa (6/12/2022).

Pembicaraan tingkat II atas RUU KUHP akan dilakukan lewat rapat paripurna yang digelar hibrida, sebagian anggota DPR hadir secara fisik dan ada juga yang virual.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) bakal segera disahkan menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPR Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi jadi Undang-Undang

Dasco mengklaim, telah rampung membawa persetujuan pengesahan regulasi tersebut dalam rapat pimpinan DPR dan Badan Musyawarah (Bamus). 

“Kalau Rapim dan Bamus sudah selesai,” kata Dasco.

Hargai Demokrasi

Ia menegaskansetiap regulasi tak sepenuhnya diterima semua pihak. Namun, Komisi Hukum DPR bersama pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM menyepakati Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di tingkat I.

Keputusan tersebut diambil usai Komisi Hukum dan pemerintah, membahas 23 poin yang dirangkum dari daftar inventarisasi masalah (DIM) fraksi kepada pemerintah.

“Tentunya hal ini tidak bisa memuaskan semua pihak dan karena sudah disetujui dalam tingkat I. Saya pikir itu sudah selesai di DPR,” ujar Dasco.

Halaman:

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi! F8 Makassar Masuk Kalender Top 10 KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Selamat! 3 Event Unggulan Aceh Masuk KEN 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 15:20 WIB
X