• Rabu, 5 Oktober 2022

Media Korea Selatan Ungkap Ketidaknyamanan Terkait Kontroversi Masalah Wamil BTS

- Rabu, 21 September 2022 | 20:05 WIB
Boyband Kpop - BTS (ibighit.com)
Boyband Kpop - BTS (ibighit.com)

Terpantau.com - Media Korea Selatan berdiskusi tentang apakah grup idola BTS harus diberikan perlakuan istimewa untuk wajib militer merupakan penghinaan bagi warga Korea Selatan

Menurut mereka, memang benar pencapaian BTS luar biasa, tetapi mengapa "hadiah" untuk pencapaian itu harus "pembebasan wajib militer" atau "wajib militer alternatif"? 

Dengan kata lain, beberapa politisi sekarang memiliki persepsi bahwa tidak mengirim individu untuk tugas aktif di tentara alias wajib militer adalah “keuntungan” bagi mereka. 

Bukankah wajar bagi sebuah negara ketika wajib militer menjadi hal yang dibanggakan dan menjadi “manfaat” bagi individu?

Untuk warga negara Korea Selatan, bisa bangga bergabung dengan angkatan layanan aktif haruslah menjadi hak istimewa. 

Jika tidak menjalani wajib militer berarti perlakuan istimewa bagi sebagian orang, lalu apakah tentara yang membela negara di garis depan mendaftar karena mereka tidak memenuhi syarat untuk "manfaat" seperti itu? 

Beberapa mengungkapkan kekhawatirannya, mengatakan bahwa jika BTS mendaftar, para anggota tidak akan dapat melakukan kegiatan musik sehingga akan menghambat kepentingan anggota sendiri hingga kepentingan nasional.

Hal ini karena sifat wajib militer di mana saat seorang warga lelaki masuk militer, maka dia harus mengambil istirahat panjang untuk sementara waktu. 

Jika demikian, bukankah Kementerian Pertahanan Nasional seharusnya membuat kebijakan militer terlebih dahulu untuk menciptakan lingkungan di mana tidak hanya BTS tetapi anak muda Korea Selatan juga dapat melanjutkan impian mereka bahkan setelah menjalani wajib militer?

Halaman:

Editor: Tasia Wulandari

Sumber: KBIZoom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tubuh Kurus Jang Won Young Bikin Penggemar Khawatir

Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:15 WIB

Polisi Datangi Rumah Lesti Kejora Untuk Olah TKP

Senin, 3 Oktober 2022 | 20:15 WIB

Seru! Lesti Kejora dengan Rizky Billar Ribut 2 Kali

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:15 WIB
X