• Minggu, 5 Februari 2023

Transformasi Layanan Kesehatan Era Digital, BRIN Ciptakan Aplikasi untuk Permudah Pencatatan Rekam Medis

- Senin, 28 November 2022 | 02:34 WIB
Ilustrasi: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil ciptakan aplikasi Sistem Pengenal Wicara untuk Pendiktean Medis untuk membantu para dokter  (www.pexels.com)
Ilustrasi: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil ciptakan aplikasi Sistem Pengenal Wicara untuk Pendiktean Medis untuk membantu para dokter (www.pexels.com)

Terpantau.com Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berhasil ciptakan aplikasi Sistem Pengenal Wicara untuk Pendiktean Medis (SPWPM) untuk meningkatkan layanan kesehatan era digital

Sistem Pengenal Wicara untuk Pendiktean Medis tersebut berguna untuk membantu para dokter menulis laporan diagnosis bersamaan dengan memeriksa dan memberikan konsultasi kepada pasien secara langsung. 

Dalam menciptakan aplikasi  Sistem Pengenal Wicara untuk Pendiktean Medis, tim perekayasa Pusat Riset Kecerdasan Artifisial dan Keamanan Siber BRIN bekerja sama dengan PT Dua Empat Tujuh (Solusi247) dan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Sistem Pengenalan Wicara untuk Pendiktean Medis merupakan implementasi teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) atau pengenalan wicara otomatis. Sistem tersebut dapat membantu tenaga medis mendiktekan keterangan medis secara verbal untuk dikonversikan menjadi data atau laporan tertulis ke pusat data medis rumah sakit. 

Untuk memberikan manfaat seluas-luasnya dan mendorong transformasi digital layanan kesehatan di rumah sakit seluruh Indonesia, Pusyantek BRIN telah melakukan kerjasama lisensi dengan mitra Solusi 247.

Selain menjalankan penanganan atau perawatan terhadap pasien, dokter dan tenaga medis juga memiliki kewajiban untuk mencatat laporan atau rekam medis. 

Perlu diketahui, tugas tersebut selama ini mengambil sebagian besar waktu kerja para dokter dan tenaga medis. 

Oleh karenanya, pencatatan rekam medis akan menjadi jauh lebih cepat dan mudah dengan dukungan teknologi ASR yang mampu menjalankan seluruh prosesnya secara otomatis.

Kepala Pusat Layanan Teknologi (Pusyantek) BRIN, Yenni Bakhtiar mengatakan teknologi ASR menjadi terobosan penting di era digital yang memberikan manfaat di banyak sektor, termasuk di sektor layanan kesehatan.

“Transformasi digital Sistem Pengenalan Wicara Otomatis untuk Pendiktean Medis (SPWPM) yang dikembangkan oleh para periset dari Pusat Riset Kecerdasan Artifisial dan Keamanan Siber BRIN ini dapat membantu dokter atau tenaga medis menghasilkan atau mencatat diagnosis pasien ke dalam sistem rekam atau catatan medis elektronik yang efektif dan efisien tanpa harus membuat laporan secara manual,” kata Yenni dilansir brin.go.id.

Halaman:

Editor: Kurniasih Budi

Sumber: BRIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi HP Terbaik di Awal 2023 Part 2

Jumat, 30 Desember 2022 | 16:38 WIB

5 Rekomendasi HP Terbaik di Awal 2023 Part 1

Jumat, 30 Desember 2022 | 16:04 WIB

Deretan Smartphone Paling Ditunggu Di 2023

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:13 WIB

Jasa Reseller Internet, Kominfo Siapkan Aturan hukum

Kamis, 24 November 2022 | 16:15 WIB

SImak! 10 Cara Menggunakan Materai Elektronik

Minggu, 20 November 2022 | 10:16 WIB
X