• Selasa, 6 Desember 2022

Gempa Cianjur, PMI Gerak Cepat Kirim Bantuan Logistik dan Relawan Bencana

- Selasa, 22 November 2022 | 08:29 WIB
PMI mengirimkan sejumlah bantuan logistik serta relawan penanggulangan bencana ke Kabupaten Cianjur untuk bantu korban gempa Cianjur (pmi.or.id)
PMI mengirimkan sejumlah bantuan logistik serta relawan penanggulangan bencana ke Kabupaten Cianjur untuk bantu korban gempa Cianjur (pmi.or.id)

Terpantau.com Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan sejumlah bantuan logistik serta relawan penanggulangan bencana ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). PMI mengirimkan sedikitnya 102 orang relawan untuk membantu korban gempa Cianjur.

Dalam membantu korban gempa Cianjur, PMI bersama para relawan mengirimkan ambulans, paket perlengkapan kebersihan, perlengkapan bayi, tarpaulin, mobil tangki air, kantong jenazah, tenda, dan genset.

Staf Penanggulangan Bencana PMI Jawa Barat, Deni Sopian mengatakan, personel dan bantuan untuk korban gempa Cianjur tersebut berasal dari PMI Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor serta relawan Markas Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Jusuf Kalla Instruksikan PMI Perkuat Kolaborasi dalam Menangani Korban Gempa Cianjur

“Masing-masing PMI memobilisasi ambulans serta paket bantuan untuk penyintas gempa Cianjur,” kata Deni Sopian dilansir pmi.go.id.

Bencana alam gempa bumi berkekuatan 5,6 SR terjadi pada Senin (21/11/2022), berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Getaran gempa Cianjur juga dirasakan masyarakat di wilayah lain seperti Bogor dan Jakarta.

Berdasarkan data dari call center Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur per Senin (21/11/2022) pukul 21.00 WIB, terdapat 162 korban jiwa akibat gempa bumi yang terjadi pada kemarin siang. Sementara itu, terdapat 326 korban luka berat/ringan, 2.345 rumah rusak berat, dan tak kurang dari 13.400 orang mengungsi karena gempa Cianjur masih terasa.

Baca Juga: Gempa Cianjur, BNPB Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Distribusikan Bantuan Logistik

PMI telah melakukan kajian cepat untuk mengetahui kebutuhan mendesak di lokasi bencana. Sementara ini, lanjut Deni, penyintas gempa Cianjur membutuhkan ambulans, tenda, tarpaulin, makanan siap saji, air mineral, obat-obatan, genset, serta kantong mayat.

PMI Pusat telah mendirikan posko bencana di Kabupaten Cianjur. Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Cianjur Herry Hidayat mengatakan, dampak gempa terparah berada di Kecamatan Cianjur, Cilaku, Karang Tengah, Cugenang, Pacet, Warung Kondang, dan Kecamatan Gekbrong.

Halaman:

Editor: Kurniasih Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Korban Gempa Cianjur

Senin, 5 Desember 2022 | 10:45 WIB

Erupsi Semeru, Ribuan Orang Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 17:48 WIB
X